Kawasan Perdesaan Sorong Kabupaten Sorong , Papua Barat

Kawasan Perdesaan “Perkebunan” mencakup 3 Kecamatan di 6. Kabupaten Sorong memiliki peluang pasar yang dapat menjadi pemicu peningkatan pendapatan masyarakat. Misalnya komoditi pertanian mulai dari padi, horticultura sampai pada “sagu’ dapat dikembangkan.

Kabupaten Sorong adalah sebuah kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Aimas. Kabupaten ini merupakan salah satu penghasil minyak utama di Indonesia. Kawasan perairannya dikenal sebagai habitat penyu belimbing (Dermochelys coriacea vandelli).

Kabupaten Sorong memiliki luas wilayah 18.170 Km2, daerah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Raja Ampat di sebelah utara dan barat, Kabupaten Sorong Selatan di sebelah selatan, Kabupaten Manokwari di sebelah timur, secara geografis terletak di 00o56 LS dan antara 131o07 BT.

Geografis

Kabupaten Sorong terletak di bagian Barat Provinsi Papua dengan luas wilayah setelah pembentukan kabupaten Tanbrauw ± 13.603 Km2 yang terbagi dalam wilayah daratan seluas 8.457 Km2 dan wilayah lautan seluas 5.146 Km2. (Berdasarkan pembacaan pada Peta Rupa Bumi BAKOSURTANAL skala 1 : 250.000,) Letak geografis Kabupaten Sorong adalah: 130o 40’ 49” – 132o 13’ 48” BT dan 00o 33’ 42” – 01o 35’ 29” LS. Wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Sorong terdiri dari 19 distrik, 18 kelurahan dan 149 desa/kampung .

Sedangkan Batas Administratif Kabupaten Sorong adalah sebagai berikut :

  • sebelah utara : Samudera Pasifik dan Selat Dampir
  • sebelah timur : Kabupaten Tambrauw dan Kab. Sorong Selatan
  • sebelah selatan : Laut Seram
  • sebelah barat : Kota Sorong, Kab. Raja Ampat dan Laut Seram
Sektor Pertanian

Berdasarkan Laporan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sorong, Komoditi tanaman pangan dan holtikultura Kabupaten Sorong adalah padi, kedelei, jagung, ubi kayu, ubi jalar, keladi, kacang tanah, dan kacang hijau. Berikut, data Produksi komoditas tanaman pangan dan holtikultura di Kabupaten Sorong bersifat fluktuatif dari tahun 2012-2016 seperti pada tabel berikut :

Sektor Perikanan
Berikut, produksi perikanan Tangkap Kabupaten Sorong Tahun 2016 seperti tampak pada grafik dibawah ini :
Grafik diatas menunjukan, jumlah produksi ikan teri  lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya. Berikut ikan cakalang atau tongkol juga memiliki jumlah produksi yang tinggi.
Sektor Perkebunan

Berdasarkan Laporan dari Dinas  Pertanian Kabupaten Sorong, jenis komoditas yang terdapat di Kabupaten Sorong adalah Kelapa, Kakao, Kopi dan Sagu. Selain itu, Kabupaten Sorong juga memiliki lahan yang telah dimanfaatkan untuk perkebunan kelapa sawit.  Berdasarkan data dari Dinas Pertanian, terdapat 9 ( Sembilan) perusahaan Kelapa Sawit di Kabupaten Sorong. Dari 9 (Sembilan ) perusahaan tersebut, baru 2 ( dua) perusahaan yang beroperasi yaitu: PT Henrison Inti Persada  dan PT Inti Kebun sejahtera. Sedangkan 7 (tujuh) Perusahaan masih dalam tahap proses perijinan dan belum aktif atau beroperasi. Ketujuh Perusahaan tersebut adalah PT Sorong Agro Sawitindo, PT Papua Lestari Abadi, PT Mega mustika Plantation, PT cipta Papua Plantation, PT Inti Kebun Sawit, PT Inti Kebun Lestari dan PT Semesta Bintang Sentosa.

PT Henrison Inti Persada beroperasi di Klamono dan sayosa pada tahun 2004 dengan areal perkebunan kelapa sawit seluas 32.546 ,30 hektar.

Untuk data Produksi, data luas Kebun inti, dan data  luas Kebun Plasma dan lain-lain dapat di lihat pada tabel berikut :

Sektor Pariwisata

Kabupaten Sorong memiliki berbagai macam obyek wisata yang tersebar di beberapa Distrik. Diantaranya objek wisata bahari yang terdapat di Distrik Makbon Seperti :

  1. Pulau UM
  2. air Terjun Klasmis.
  3. Asbaken
  4. Pantai Mailan Makbon
  5. Air Panas
  6. Monumen Yesus Kristus
  7. Klasmesen
  8. Jeflio
  9. Pantai seget
  10. Embun Majaran
  11. Water Park  Tirta Istiana Indah

  1. Kawasan Perdesaan Sorong Kabupaten Sorong , Papua Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *