Kab. Maluku Tenggara Barat

kawasan Perdesaan Selaru II Kabupaten Maluku Tenggara Barat,Maluku

Di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dinamakan kawasan “Perdesaan Selaru II” mencakup 1 kecamatan di 3 desa, yaitu Kecamatan Selaru meliputi Desa Werain, Fursuy dan Eliasa. Kawasan Perdesaan ini memiliki Potensi Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan cukup menjanjikan asal pengelolaanya lebih berbasis kepada masyarakat. Tanggungjawab pemerintah daerah maupun Stakeholder yang berkesinambungan serta bersinergi kerja keras tentu berbuah hasil pembangunan yang manis untuk kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) memiliki posisi geografis yang berbatasan dengan negara Australia dan Timor Leste, serta memiliki 10 pulau terluar.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) memiliki posisi geografis yang berbatasan dengan negara tetangga seperti Australia dan Timor Leste. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 125.422 Km2. Hampir sebahagian besar dari luas wilayah merupakan wilayah laut, yaitu sebesar 110.838,4 Km2 atau (88,4 %), dan hanya sebahagian kecil saja wilayah daratan, yaitu seluas 14.584 Km2 atau 11,6 %. Secara astronomis kabupaten MTB terletak antara 6o – 8 o 30’ LS dan 125 o45’ – 133 o BT dan secara geografis mempunyai batas-batas sebagai berikut :
– Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Banda
– Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Timor dan Laut Hindia
– Sebelah Barat berbatasan dengan ‘Laut Flores, serta
– Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Arafura
Wilayah Kabupaten MTB merupakan dapat dikelompokan kedalam 4 satuan gugus pulau, yaitu : (1) Gugus pulau Tanimbar dengan luas daratan 5.936 Km2; (2) Gugus pulau Babar dengan luas daratan 2.456 Km2; (3) Gugus pulau Terselatan dengan luas daratan 4.686 km2; dan (4) Gugus pulau Lemola dengan luas daratan 1.506 Km2. Dilihat dari struktur Pemerintahan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat terdiri dari 17 (tujuh belas) Kecamatan, dan 187 Desa/1 Kelurahan.

Berdasarkan Perpres 78/2005 mengenai Pengelolaan Pulau Kecil Terluar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat memiliki 10. pulau kecil terluar yang menjadi lokasi penempatan titik dasar dan berhadapan dengan wilayah laut Timor Leste dan atau Australia, yaitu Pulau Larat, Asutubun, Selaru, Batarkusu, Masela, Meatimarang, Leti, Kisar, Wetar, dan Pulau Liran

 

  1. kawasan Perdesaan Selaru II Kabupaten Maluku Tenggara Barat,Maluku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *