Kawasan Perdesaan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Kupang,Nusa Tenggara Timur

Kabupaten Kupang adalah salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini berlokasi di Oelamasi mulai 22 Oktober 2010, setelah sebelumnya berlokasi di Kota Kupangsejak tahun 1958.

Di Kabupaten Kupang, dinamakan Kawasan Perdesaan “Pertanian dan Perikanan” yang mencakup 1 Kecamatan (Sulamu) dan 7 desa (Sulamu, Pitai, Pariti, Oeteta, Bipolo, Pantulan dan pantai Beringin). Kawasan ini mempunyai potensi tersedianya ruang/lahan dan juga kawasan pantai di wilayah Sulamu yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan produksi pertanian tanaman pangan, peternakan, perkebunan dan perikanan.

.

Letak Geografis

Kabupaten Kupang terletak di antara 9º19 – 10º57 Lintang Selatan dan 121º30 – 124º11 Bujur Timur.Kabupaten Kupang merupakan kabupaten yang paling selatan di Negara Republik Indonesia.

Kepulauan

Kabupaten ini memiliki 24 buah pulau, di mana 3 buah pulau diantaranya telah berpenghuni, yakni:

  • Pulau Timor dengan luas 4.937.62 km²,
  • Pulau Semau dengan luas 246.66 km², dan
  • Pulau Kera seluas 1,5 km².

Sedangkan sisanya 21 pulau merupakan pulau-pulau tidak berpenghuni.

Batas Wilayah

Per tanggal 29 Oktober 2009, Kabupaten Kupang memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

Perkebunan

Produksi perkebunan selain sebagai penyedia bahan baku untuk industri pengolahan juga sebagai pelestarian lingkungan (tanaman pelindung). Kelapa sebagai komoditi perkebunan mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi,sehingga lebih banyak diupayakan oleh masyarakat.

Produksi kelapa (Kopra) di Kabupaten Kupang tahun 2013 sebanyak 2.694,58 ton dari luas areal seluruhnya sebanyak 10.416 ha, yang terdiri dari tanaman yang belum menghasilkan sebesar 1,6 persen (169 ha), yang menghasilkan sebesar 78,04 persen (8.129 ha) dan yang tidak menghasilkan yaitu tanaman rusak atau tua sebesar 5,65 persen (588 ha). Tanaman komoditi terbanyak berikut adalah Jambu mente, kemiri dan kapuk yang masing-masing luas lahan “yang menghasilkan” yaitu jambu mente (5.173 ha), kemiri (3.470 ha)dan kapuk (1.864 ha) serta hasil produksi masing-masing yaitu jambu mente (825,96 ton), kemiri (1.433 ton) dan kapuk (876 ton).

Peternakan

Kabupaten Kupang merupakan salah satu Kabupaten Ternak di Nusa Tenggara Timur, yang mempunyai potensi pengembangan ternak yang sangat besar,hal ini sesuai potensi iklim, geografis dan sosial-budaya masyarakat Kabupaten Kupang.

Adanya dukungan pemerintah melalui penguatan regulasi dibidang peternakan terutama komoditi sapi, design anggaran untuk penyediaan infrastruktur jalan, sarana air bersih,penguatan kapasitas petani peternak dan kelompok ternak serta fasilitas lainnya menunjukkan adanya peningkatan hasil usaha di bidang peternakan khususnya ternak besar (sapi).

  1. Kawasan Perdesaan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Kupang,Nusa Tenggara Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *