Kawasan Perdesaan Mainang Kabupaten Alor,Nusa Tenggara Timur

Kabupaten Alor nama Kawasan Perdesaan “Mainang (Pengembangan berbasis pertanian terpadu)” yang terdiri dari 2 Kecamatan (Alor Tengah Utara dan Alor Selatan) dan 3 desa ( Welai Selatan, Tominuku dan Maipela). Kawasan ini mempunyai potensi, di antaranya Potensi pertanian, perkebunan, peternakan yang dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.

Kabupaten Alor adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibukota Alor berada di Kalabahi. Penduduk Alor berjumlah sekitar 190.026 jiwa (2010), sedangkan luasnya adalah 2.864,6 km².Kabupaten ini berbentuk kepulauan dan dilintasi jalur pelayaran dagang internasional ke Samudera Pasifik.Untuk tahun 2006, PAD kabupaten ini sebesar Rp. 13 miliar dengan laju pertumbuhan ekonomi 5,9% dan pendapatan per kapita Rp. 1.200.000,-

Kabupaten Alor merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 20 pulau. 9 pulau yang telah dihuni penduduk, yakni : Pulau Alor, Pulau Pantar, Pulau Pura, Pulau Tereweng, Pulau Ternate, Kepa, Pulau Buaya, Pulau Kanggedan Pulau Kura. 11 pulau lainnya tidak berpenghuni, masing-masing Pulau Sikka, Pulau Kapas, Pulau Batang, Pulau Lapang, Pulau Rusa, Pulau Kambing, Pulau Watu Manu, Batu Bawa, Pulau Batu Ille, Pulau Ikan Ruingdan Pulau Nubu.

Secara geografis terletak di antara 125°48″ -123°48″ BT dan antara 8°6″-8°36″ LS. Sebagai daerah kepulauan paling timur Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Alor berbatasan dengan:

Luas wilayah yang dimiliki adalah 2.864,64 Km2.

Kabupaten Alor merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 20 pulau. 9 pulau yang telah dihuni penduduk, yakni : Pulau Alor, Pulau Pantar, Pulau Pura, Pulau Tereweng, Pulau Ternate, Kepa, Pulau Buaya, Pulau Kangge dan Pulau Kura.11 pulau lainnya tidak berpenghuni, masing-masing Pulau Sikka, Pulau Kapas, Pulau Batang, Pulau Lapang, Pulau Rusa, Pulau Kambing, Pulau Watu Manu, Batu Bawa, Pulau Batu Ille, Pulau Ikan Ruing dan Pulau Nubu.

Jenis tanah di Kabupaten Alor temasuk Vulkanik muda sehingga kaya unsur hara dengan struktur tanah yang gembur dan subur. Solum tanah sedang sampai dalam, sehingga tanah lebih stabil dengan kemampuan menahan air tinggi dan dapat diusahakan berbagai jenis tanaman. Kondisi geografi Kabupaten Alor berkonfigurasi bergunung-gunung dan memberikan variasi iklim yang berbeda dan sangat menguntungkan bagi daerah dan rakyat dalam pengembangan tanaman produksi.

Keadaan topografi wilayah ini adalah:

  • Kemiringan di atas 40 derajat: 64,25%
  • Kemiringan 15–40 derajat: 25,61%
  • Kemiringan 3–15 derajat: 8,69%
  • Kemiringan 0–3 derajat: 3,45%
  1. Kawasan Perdesaan Mainang Kabupaten Alor,Nusa Tenggara Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *